Friday, July 31, 2009



Pada zaman sekarang, apalagi jaman krisis energy seperti sekarang ini kita harus pandai-pandai memutar otak kita untuk membuat bahan baar alternatif. banyak bahan bakar alternatif yang dapat kita buat dengan mudah. bahan bakar alternatif itu seperti briket. Briket adalah salah satu bahan alternatif yang dapat dibuat dari bahan2 yang sudah di buang oleh masyarakat. bahan yang digunakan hanyalah sampah-sampah organik, serbuk gergaji, batu bara, dll yang telah diproses pengarangan dan dipadatkan dengan tekanan tertentu dengan bentuk yang kita inginkan.

Tapi kali ini saya akan mengajarkan kepada anda cara pembuatan briket yang tahan lama dan ramah lingkungan karena terbuat dar bahan2 organik yaitu :
1. Membuat briket jenis ini relatif murah dan sederhana. Sampah organik terlebih dahulu dibakar dalam sebuah lubang sampai menjadi arang. Arang lalu ditumbuk, dihaluskan, dan disaring menjadi bubuk.
2. Setelah diberi campuran perekat (tepung kanji), bubuk lalu dicetak.Dalam prosesnya, hanya arang yang berwarna hitam pekat yang diolah karena lebih berkualitas dalam menghasilkan energi. Arang daun ini ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan tepung kanji dengan takaran 1 berbanding 4. Tepung kanji yang digunakan hanya sedikit karena hanya sebagai perekat. Setelah tercampur rata, adonan ini dicetak sesuai kebutuhan dan dijemur hingga kering. Setelah dijemur sampai kadar airnya hilang, terbentuklah briket sampah yang siap pakai.
3. Selain bisa menggantikan minyak tanah, arang briket juga ramah lingkungan karena tak mengandung zat kimia yang membahayakan. Briket ini juga hemat dan bisa menyala lebih lama, yakni enam jam terus-menerus tanpa perlu dikipasi. Setelah dipakai, ampas briket sampah tetap bermanfaat sebagai pupuk tanaman

Ini adalah alat yang di pakai dalam pembuatan briket sampah organik :
Tong
Saringan
Korek api
Penumbuk / mortar
Pengaduk
Cetakan
Bahan yang digunakan antara lain :
Kanji
Sampah organik

No comments: